Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2021

Resep Tumis Udang Buncis Praktis

Hai para ibu muda, mbak-mbak yang baru belajar masak, atau bahkan mas-mas yang hobi bergelut dengan wajan dan kompor, apa kabarnya nich? Masih melanjutkan belajar masaknya? Pastinya gak nyerah dong yah. Kali ini kuliner-kulinerbunda akan menghadirkan salah satu resep bagi anda para pemula, yang mudah untuk dipraktikan. Itung-itung menambah khasanah pengetahuan bagi anda tentang resep-resep masakan yang praktis namun lezat. Resep yang akan saya bagikan kali ini adalah resep Tumis Udang Buncis. Tidak hanya praktis, masakan ini juga sangat nikmat. Selain dapat menambah selera makan anda, masakan ini juga menyehatkan karena mengandung berbagai gizi yang penting bagi tubuh. sebut saja protein, kalsium, omega 3, fosfor dan juga vitamin. Masakan ini juga dapat menjaga kadar kolseterol anda dalam batas normal. Masakan ini memiliki citarasa yang lezat dengan perpaduan yang pas antara buncis yang segar dan udang yang gurih. Dengan hanya melalui satu proses pengolahan, kandungan gizi di dalamnya

Resep Agar-Agar Kelapa Muda Segar dan Manis

Agar-agar merupakan bahan makanan yang terbuat dari sari rumput laut yang dapat diolah menjadi puding dengan aneka rasa dan warna. Agar-agar yang sudah diolah biasanya mempunyai bentuk padat dengan sensasi rasa yang segar dan meringankan untuk disantap. Olahan agar-agar biasanya disajikan sebagai makanan penutup atau desert. Agar-agar yang diolah menjadi puding,umumnya di mix dengan bahan-bahan lain seperti santan, susu, telur, buah-buahan, roti tawar bahkan kopi. Semua tergantung pada masing-masing selera si pembuat. Rasanya yang asik membuat puding agar-agar ini memiliki banyak peminat. Selain nikmat, segar dan ringan, agar-agar dikenal sebagai makanan yang mangandung banyak serat yang baik bagi kesehatan organ pencernaan manusia. Karena alasana itu pula, agar-agar juga dapat menjadi menu pilihan bagi mereka yang sedang menjalani diet, dengan ketentuan si puding tidak memakai banyak gula dalam pengolahannya. Memasak agar-agar memang terkadang sulit bagi mereka yang masih pemula. Kala

Resep Sup Ikan Tenggiri Sedap dan Nikmat

Ikan tenggri merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di laut dan tersebar di seluruh dunia, mulai dari Afrika hingga Indonesia. Ikan ini juga menjadi salah satu sumber pangan hewani bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang hidup di Pulau Sumatera dan Maluku. Bahkan ikan ini menjadi ikan primadona bagi masyarakat di propinsi Sumatera Selatan, yang sering mereka olah menjadi beragam masakan tradisional yang khas dan melegenda hingga kini. Saya rasa semua orang pun dapat menyukai si ikan tenggiri ini, bagaimana tidak? Ikan ini memiliki daging yang tebal, tulang yang panjang namun dapat mudah terpisah dari dagingnya, serta tekstur dagingnya yang lembut dan mudah diolah. Rasa dari daging ikan tenggiri ini pun ternyata nikmat lho jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang tepat. Nilai plus dari ikan tenggiri ini selain nikmat dan lezat, ikan ini juga mengandung banyak gizi nan penting bagi kesehatan manusia. Tingginya kandungan omega 3, kalsium dan protein dalam ikan ini dapat men

Resep Ikan Krutup Panggang khas Kota Palembang

Well helloooo ibu-ibu, nona-nona dan bapak-bapak yang hoby banget sama dunia perkulineran tanah air, hehe. Ada yang sudah siap mengikuti perjalanan kuliner saya? Sudah siap memulai pertarungan hari ini?? haha. Sebenarnya beberapa hari yang lalu saya sempat kesal, karena harus mendapati beberapa orang yang dengan sengaja mengkopi artikel kuliner-kulinerbunda sepenuhnya kemudian merepost kembali atas nama mereka.Hmm maaf yah bukannya saya pelit, kopi resep sih ndak masalah, tapi kalau sudah menyangkut artikelnya ya itu sungguh terlalu dong yah. Jadinya kan kesel campur gudeg gitu rasanya...eh maksudnya gedeg. Back to tema, untuk kali ini saya mau mengajak anda semua untuk menilik salah satu resep ajib yang asalnya dari pulau Sumatera, tepatnya kota empek-empek alias Palembang. Nama masakan ini sangat unik, yaitu masakan Ikan Krutup. Sejarahnya sih saya tidak tahu jelas mengapa diberi nama deimikian, tapi kalau masalah rasa saya tahu pasti bagaimana lezatnya. Masakan Ikan Krutup ini ialah

Resep Ayam Sapit Palembang Sedapnya Mengundang!

Hayukk-hayukkk lari-lari sama saya nguber-nguber ayam...Hahahahha. Padahal di pasar sudah ada ya yang tinggal dibeli dan diolah hihi.Saat kita kecil, para orang tua kita selalu berusaha merayu-rayu kita untuk makan dengan iming-iming sepotong bahkan dua potong ayam goreng kuning kecoklatan dengan aroma yang sangat menggiurkan. Dan alih-alih mau makan nasinya, yang habis duluan pasti lauk ayamnya.Haha. Daging ayam memang menjadi hidangan kesukaan bagi semua orang, mau anak kecil bahkan lansia, kalau ditawari sepiring olahan daging ayam, mau digoreng atau dibakar, sudah pasti air liurnya mengalir deras. Menyoal tentang si daging ayam ini, kuliner-kulinerbunda mempunyai resep baru yang ingin dibagi-bagikan kepada para pecinta kuliner. Resep apakah itu? Resep kita kali ini berasal dari Sumatera Selatan, nama masakannya adalah Ayam Sapit. Berbahan dasar daging ayam segar dengan dua proses pengolahan, yaitu perebusan dan pemanggangan. Dinamkan Ayam Sapit karena pada proses pemanggangan, dagi

Resep Soto Palembang, Sedap, Lezat dan Halal

Aihhh siapa bilang Palembang cuma punya empek-empek dan tekwan saja? kota ini juga punya soto lho. Penasaran?? Kalau saya boleh bilang, Soto Palembang merupakan jenis soto yang jauh berbeda dengan soto-soto lainnya di nusantara. Kalau pada umumnya soto menggunakan bahan utama seperti daging ayam atau daging sapi, nah si soto Palembang ini justru mempergunakan bakso ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Jadi masih kentara bukan ciri khas Palembangnya? Sekilas sih memang mirip dengan tekwan, tetapi citarasanya berbeda. Selain menggunakan bakso ikan sebagai bahan utama, masakan ini juga menggunakan sedap malam dan jamur kuping sebagai bahan tambahannya. Soto ini juga memiliki kuah yang bening dan gurih. Dan kuah inilah yang memegang kunci kelezatan dari si soto, mengapa demikian? Karena kuah soto ini tak sembarang kuah melainkan kuah yang berasal dari kaldu ayam. Proses pengolahan masakan hanya terdiri dari 1 tahap, yaitu perebusan. Hanya saja perebusan dilakukan secara terpisah, yaitu pe

Resep Lempa Ikan Nanas Halal dan Lezat

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan laut favorit bagi para koki dan ibu rumah tangga. Ikan ini mempunyai rasa yang gurih dan lembut, serta dapat diolah menjadi beragam masakan yang nikmat. Bentuk olahan ikan tenggiri yang paling beken dan dikenal oleh banyak kalangan tentu saja otak-otak. Namun ada lho masakan lain yang berbahan dasar ikan tenggiri yang tak kalah sedapnya dengan otak-otak, masakan apa ya?? Asal masakan ini masih satu kampung dengan otak-otak, yaitu Palembang, hanya saja masakan ini belum dikenal luas oleh masyarakat di luar Sumatera Selatan. Masakan ini berbentuk olahan ikan berkuah kental dengan rasa sedikit asam dan pedas. Masakan ini cocok untuk lauk pendamping nasi. Dan bagi anda juragan catering, masakan ini juga cocok untuk dicoba sebagai menu hidangan pesta para pelanggan anda. Nama masakan ini adalah Lempa Ikan Nanas. Lalu sulitkah memasak masakan ini, dan kira-kira bagaimana ya cara membuat Lempa Ikan Nanas ini? Tak sekedar nikmat, lezat melekat atau

RESEP PEPES AYAM KEMANGI SUNDA BUMBU ENAK SIMPEL

Gambar
RESEP MASAKAN PEPES AYAM SUNDA DAUN KEMANGI Makanan yang cara memasaknya dibungkus dengan daun pisang ini merupakan makanan khas nusantara yang sangat variatif, baik dari cara memasak, olahan bumbu maupun bahan utama yang digunakan. Salah satu bahan utama yang enak dan sering digunakan untuk dibikin pepes adalah daging ayam. Pepes ayam ini begitu populer bagi masyarakat Sunda Jawa Barat, aroma lezat dari daun kemangi menjadi bagian dari ciri khasnya. Berikut adalah resep pepes ayam kemangi khas bumbu masakan Sunda yang enak beserta cara membuatnya yang praktis menggunakan wajan. Bahan dan bumbu peses ayam : 1 kg daging ayam, potong-potong, cuci bersih dan tiriskan 100 gram daun kemangi 800 ml air 10 buah cabe rawit merah utuh 2 sdm minyak sayur daun pisang secukupnya untuk membungkus Baumbu halus : 50 gram kemiri 4 siung bawang putih 10 cm kunyit 1 sdm ketumbar 1/2 sdt pala 2 sdm garam Bumbu iris : 20 butir bawang merah, iris tipis 2 batang serai, potong-potong 5 cm 5 buah cabe merah b

Resep Ayam Goreng Bandung...Cihuy!

Gambar
Semua orang pasti dapat membuat ayam goreng, tetapi tidak semua orang bisa membuat ayam goreng yang gurih, sedap dan dengan bumbu yang pas. Mungkin dari kita ada yang pernah mengalami menggoreng daging ayam hasilnya masih kurang matang, dagingnya agak alot, kurang nikmat dan lain sebagainya. Tetapi jangan bersedih ya, karena saya akan membagikan salah satu resep ajib kuliner-kulinerbunda tentang membuat ayam goreng yang mudah, dan dijamin nikmat. Resep ini berasal dari kota Kembang Bandung, dan nama masakannya pun Ayam Goreng Bandung. Rasanya amat nikmat, dan lebih mantap lagi bila disantap dengan nasi putih hangat, bersama sayur berkuah. Sebenarnya bahan dan bumbu yang digunakan tidak sulit untuk anda dapatkan. Bahan utamanya pun tetap daging ayam biasa dan bumbu-bumbunya relatif mudah dan murah untuk dibeli. Yang paling utama dalam masakan ini adalah tekhnik pengolahannya yang harus anda perhatikan dengan seksama agar dihasilkan daging ayam yang empuk tetapi tidak hancur ketika digor

Resep Pindang Iga Sapi Palembang Gurihhhhhhhhhhh

Gambar
Palembang merupakan kota yang terkenal akan makanan tradisionalnya yaitu empek-empek dan tekwan. Tetapi selain kedua masakan tersebut, masih ada beberapa masakan  Palembang lainnya yang patut untuk anda ketahui seperti Pindang palembang, Ikan Krutup, Ayam Sapit, dan lain-lain. Sabar-sabar, saya akan membahasnya satu persatu untuk anda semua. Pindang Palembang akan menjadi koleksi resep masakan Palembang kita untuk kali ini. Anda pasti akan mengira bahwa masakan ini menggunakan ikan sebagai bahan pokoknya seperti masakan Tumis Pindang Ikan Tongkol dari Jawa Barat, tetapi anda keliru. Begitu pula dengan saya ketika baru pertama kali saya mendengar nama masakan ini saya juga berpikiran kalau masakan ini pasti memakai ikan, ternyata yang dipakai sebagai bahan utamanya adalah iga sapi. Layaknya masakan Palembang lainnya, masakan ini berkarateristik pedas sedikit asam dengan kuah bening yang sangat lezat. Masakan ini klop sebagai suguhan makan siang bersama nasi putih. Aduh enaknya. Tak cuku

Resep Pepes Ikan Komering Palembang Halal dan Sehat

Gambar
Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang berhabitat di air. Ikan juga masuk dalam kelas primadona bahari bagi para nelayan. Mengapa? Selain jumlahnya yang melimpah, kenaikan prosentase konsumen yang naik dari tahun ke tahun. Dan ini menjadi sumber penghasilan rupiah yang banyak bagi para nelayan. Baunya yang anyir kadang membuat anak-anak sangat jijik atau takut untuk memegangnya. Tetapi tatkala sudah diolah menjadi beragam olahan pangan, saya jamin mereka tak mampu menolak kelezatannya. Ikan merupakan sumber protein yang tinggi bagi manusia. Selain itu, kandungan omega 3 dan omega 6 dalam ikan diakui oleh publik mampu mendorong peningkatan pertumbuhan sel otak pada janin, pendorong perkembangan sel otak padan anak, dan melawan kepikunan bagi para lansia. Ikan memang sangat bergizi dan bermanfaat bagi kita, akan tetapi ada beberapa orang yang menghindar dan menolak mengkonsumsinya dikarenakan dapat memicu timbulnya alergi bagi mereka yang menderitanya. Beruntung bagi saya d

Resep Utan Serre Akko dari Palembang Lho!!

Gambar
Melintasi jembatan Ampera menyebrangi sungai Musi merupakan kerinduan tak terbendung bagi para pelancong yang pernah menginjakan kaki ke kota Palembang. Ditambah mampir sejenak di rumah makan apung, mencicipi beraneka masakan lezat yang ditawarkan oleh para pramusaji semakin menambah kangen dan ingin kembali berlibur ke kota ini. Masakan tradisional kota Palembang yang selalu diidentikan dengan ikan memang sudah tersohor ke pelosok tanah air, ambil contoh saja empek-empek dan pepes ikan komering. Namun siapa nyana kalau kota ini juga punya beberapa masakan khas lainnya yang berbahan utama bukan ikan, sudah sukses memukau saya dengan pindang palembang, selanjutnya kota ini mengejutkan saya dengan masakan Utan Serre Akko. Bagi saya nama masakan ini tergolong baru pertama kali saya dengar. Saya rasa ini juga pertama kalinya bagi para pecinta kuliner mendengar nama masakan ini, terlebih lagi bagi anda yang bukan lahir dan besar di Sumatera Selatan. Masakan ini memang tidak sesohor tekwan a

Cara Membuat Cilung Papeda Telur Gulung, Cilung Telur, Telur Puyuh & Tanpa Telur

Gambar
Resep cilung (aci digulung) yang terkadang juga disebut papeda telur gulung ini termasuk salah satu yang favorit dari aneka jajanan anak sekolah. Cilung Bandung ini banyak dijual abang abang di sekitaran SD, bahan dasarnya terbuat dari adonan utama tepung aci (tapioka atau kanji), bisa dibikin dengan campuran telur (cilung telur), maupun dengan adonan telur dimana telurnya terpisah yang dipakai saat ada permintaan pembeli, mau telur ayam atau telur puyuh. Saat dimasak cilung diberi kombinasi aneka bumbu tabur sesuai selera rasa, boncabe untuk rasa pedas, atau ditambahkan saus cabai atau sambal, bahkan mayones. Selain itu terkadang juga ditambahkan lagi abon atau serundeng sebagai taburan luarnya yang membuatnya semakin spesial. Terdapat beberapa variasi cara membuat cilung yang sering ditawarkan pedagang, seperti original tanpa telur, pakai telur puyuh, pakai kocokan telur, dan cilung jumbo dengan 1 butir telur ayam. Untuk mempermudah praktek di rumah, berikut ini kita siapkan bahan-ba

Resep Tumis Ayam Jamur Kuping Kreasi Baru

Gambar
Daging ayam merupakan salah satu jenis daging yang paling sering diolah sebagai masakan oleh sebagian besar masyarakat kita. Keunggulan dari daging ayam ini adalah karena harganya yang relatif terjangkau dan mudah diolah. Daging ayam mudah dipadukan dengan berbagai bahan lainnya terutama sayuran. Serat dagingnya yang tidak tebal memudahkan penyerapan air serta bumbu yang ditambahkan ketika pengolahan. Karena kehadirannya sangat familiar di tengah-tengah masyarakat, maka muncul pula berbagai masakan kreasi dari daging ayam ini antara lain, sop ayam, ayam bakar, ayam goreng, sate ayam hingga bubur ayam. Beberapa orang menyukai pengolahan daging ayam yang minim bumbu sehingga citarasa asli ayam tetap terasa. Namun tak jarang pula yang gemar dengan masakan daging ayam yang kaya akan bumbu, sehingga memperkaya citarasa masakan. Sejumlah orang pun suka olahan daging ayam yang garing, tak berkuah dan gurih, dan sebaliknya ada juga yang justru suka dengan olahan ayam yang berkuah, pedas, manis

Resep Perkedel Tahu Enak Cukup Sederhana Saja

Gambar
Cara membuat perkedel tahu yang enak cukup dengan penggunaan bahan-bahan yang sederhana saja. Resep perkedel tahu tentunya bisa menambah variasi resep masakan tahu yang mudah, namun enak rasanya. Untuk membuatnya kita perlu menyiapkan tahu kuning atau tahu putih, tepung terigu dan sebutir telur, beserta bumbu dapur seperti bawang, garam, merica maupun yang lainnya sesuai selera. Dari resep perkedel tahu ini, kombinasi wortel, jagung, dan aneka sayuran maupun cita rasa pedas bisa anda kreasikan, sehingga setiap menghidangkan perkedel tahu cita rasanya menjadi tidak monoton.. Bahan-bahan : 6 buah tahu kuning atau tahu putih 30 gram tepung terigu 1 butir telur 1 batang daun bawang, iris tipis 3 butir bawang merah & 2 bsiung bawang putih (haluskan) 1 sdt garam 1/2 sdt lada/merica 1/2 sdt kaldu bubuk/penyedap rasa [embed]https://www.youtube.com/watch?v=RQacslqIA3w[/embed] Cara Membuat Perkedel Tahu : Hancurkan tahu dengan menggunakan sendok saja, selanjutnya masukkan telur dan semua bah

Resep Ayam Bakar Kemiri Mudah dan Cepat

Gambar
Menu ayam bakar merupakan salah satu menu paling umum dan menjadi favorit masyarakat tanah air. Kenikmatannya memang tak ada tertandingi, yang menawarkan citarasa gurih, sensasi asap bara api, renyah pada bagian luar dan lunak di dalam, siapa sih yang mampu menolaknya?? Ayam bakar pun menjadi ikon menu di hari pergantian tahun alias tahun baru. Banyak orang beramai-ramai berkumpul bersama dengan segala peralatan barbeque untuk memanggang daging ayam  sambil menanti ditupnya suara terompet dan gemuruh kembang api penyambutan datangnya tahun baru. Moment yang sangat spesial memang, karena dapat berbagi keceriaan malam bersama kerabat dan teman dengan penuh makna. Kebanyakan orang akan segera panik ketika dihadapkan pada menu ayam bakar yang harus dipanggang oleh mereka sendiri.Yah saya sangat maklum kok, karena saya juga sempat mengalaminya, terlebih lagi kalau kita berposisi sebagai tuan rumah yang harus keliatan expert banget ketika memanggang si ayam untuk jamuan para tamu.  Tapi untu

Resep Tekwan Palembang Enak Ekonomis dan Kuahnya | Olahan Nasi Sisa

Gambar
Orang palembang biasa menggunakan cara membuat tekwan ekonomis ini sebagai alternatif. Meskipun tanpa ikan tenggiri maupun udang, namun menggunakan resep nasi sisa dan teri pelembang dan kuah sederhananya bisa membuat tekwan tetap enak dan gurih serta berasa berkaldu ikan. Berbeda dengan pempek dan model, ciri khas tekwan tidak disantap dengan cuka, namun disantap panas-panas bersama kuah dengan bentuk pentol tekwan yang keriting tidak beraturan. Cara membentuk adonan bisa menggunakan tangan atau dibantu dengan alat seperti garpu, caranya pun sangat mudah. Nah dengan resep tekwan teri nasi berikut ini, kita bisa menambah berbagai macam olahan memanfaatkan nasi sisa. (lihat juga :  Cireng Nasi Bumbu Rujak ) Resep bahan tekwan : 150 gram nasi putih 100 gram teri palembang 750 ml air 385-400 gram tepung tapioka cap pak tani 30 gram tepung terigu 1 butir telur Secukupnya garam dan penyedap Kuah tekwan : 3 liter air 10 butir bawang merah (haluskan) 6 siung bawang putih (haluskan) 2 batang d

Resep Puding Mangga Melon Manis dan Segar

Gambar
Setiap orang pasti punya buah favorit atau buah kesukaan. Ada yang suka dengan buah bertekstur lembut dan berasa sedikit asam seperti buah kiwi, ada pula yang suka dengan buah bertekstur padat dan berair seperti melon dan semangka. Dan tak sedikit pula yang hobi sekali dengan buah bertekstur padat, berasa manis dan sedikit air seperti buah mangga. Buah-buah ini sering kali dikonsumsi dalam keadaan matang buah dan tanpa pengolahan lagi. Namun tak jarang pula yang mencoba mengolah buah-buah ini menjadi beragam makanan dan minuman seperti;juice, rujak, asinan buah, manisan buah, puding, dan lain-lain. Menu makanan olahan yang berbahan dasar buah pada umumnya dijadikan hidangan penutup karena citarasanya nan manis dan segar. Seperti halnya juga dengan puding buah, makanan ini sering dipilih oleh para pecinta kuliner sebagai desert karena sensasinya nan menyegarkan mulut dan lezat. Selain itu rasa buah yang dikombinasikan dengan puding menambah suasana bersantap semakin menyenangkan. Puding

Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Cispy

Gambar
Variasi olahan pisang dengan resep bola bola pisang coklat lumer goreng crispy dibuat dengan cara membuat yang mudah dan sederhana di rumah, serta bisa juga sebagai ide usaha untuk jualan. Resep bola pisang coklat yang digunakan kali ini adalah pisang tanduk, sedangkan untuk jenis pisang lainnya harus diatur lagi takaran penggunaan tepung terigu, karena tingkat kelembakan pisang yang berbeda-beda. Sebaiknya jangan gunakan pisang yang terlalu lembek, karena akan banyak menggunakan terigu sehingga rasa pisangnya menjadi kurang dominan. Bahan Bola Pisang Coklat : 1 kg pisang tanduk (5 buah) 30 gram tepung terigu 20 gram gula pasir 20 gram susu bubuk 1 sdt garam 1 sachet vanili Secukupnya selai coklat Secukupnya tepung roti atau tepung panir kasar Larutkan secukupnya tepung terigu dengan air untuk bahan pencelup [embed]https://www.youtube.com/watch?v=bCSDNN8P9Gc[/embed] Cara Membuat Bola Bola Pisang Coklat : Kukus pisang selama 10 menit, kemudian tunggu hingga agak dingin. Keluarkan pisang

Resep Sempol Ayam, Sempol Ayam Crispy, dan Cara Buat Saus Sambal

Gambar
Resep sempol ayam agar tidak alot dan tidak keras, alias sempol yang enak empuk, gurih dan anti gagal. Cara membuat sempol yang simple praktis dan sederhana, serta dilengkapi dengan variasi saos atau saus sambal ala rumahan yang segar asam pedas manis. Sempolan termasuk jajanan kuliner asli Malang yang biasanya berciri khas berbentuk lonjong dan ditusuk dengan lidi. Sempol ayam juga merupakan jenis gorengan yang banyak dijual abang abang untuk jajanan anak sekolah maupun untuk jualan pinggir jalan. Karena kepopulerannya, tentunya bisa menjadi salah satu ide untuk usaha, yang biasa disajikan dengan celupan saos sambal maupun sambal kacang. Sempolan bertekstur kenyal empuk karena terbuat dari tepung tapioka, bisa dicampur ikan maupun daging ayam untuk bikin sempol ayam seperti pada kali ini. Perbandingan antara tapioka dan ayam bisa disesuaikan, bisa gunakan sedikit ayam untuk yang ekonomis, namun semakin banyak perbandingan daging ayam yang digunakan tentunya akan semakin enak dan beras

Resep Cilor Cilok Telur Gulung Saus Sambal Jajanan Pasar dan Anak Sekolah

Gambar
Jajanan pasar kaki lima dan jajanan anak sekolah terbaru kali ini adalah resep cilok telur gulung yang disebut juga cilor gulung (aci telor gulung) beserta cara membuat saos sambal sebagai cocolannya. Saat ini, telur gulung yang populer sebagai jajanan anak SD, menjadi salah satu trend jajanan kekinian yang unik dan murah meriah dengan bermacam variasinya, seperti bihun telur gulung, telur gulung sosis, mie telur gulung dan lain sebagainya. Berbeda dengan cilor tusuk atau cilok goreng telur yang telah dibagikan sebelumnya, dimana sate cilok hanya dicelup dalam kocokan telur lalu digoreng, maka cara membuat telur gulung cilok justru digoreng dengan adonan telur gulung sehingga cilok benar-benar terbalut telur. Tak berbeda dengan telur gulung, bagian tersulitnya adalah pada teknik menggulung yang membutuhkan sedikit latihan (butuh kecepatan dan ketepatan,hehe), maksudnya akan menjadi mudah jika sudah terbiasa. Karena untuk adonan kocokan telur, asalkan cukup encernya dan benar benar terc

Resep Bakwan Sayur, Ote Ote & Bala Bala Renyah Mudah Simpel

Gambar
Cara mudah membuat bakwan sayur, ote ote sayur dan bala bala yang enak dan renyah menggunakan resep bakwan bahan sederhana tanpa telur. Gorengan yang terbuat dari bahan utama tepung terigu campur sayuran bahkan udang ini banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, sehingga tak heran bila penyebutan namanya pun berbeda-beda pula, selain bakwan sayur, ote-ote dan bala-bala juga disebut weci, heci, kandoang, pia pia dan lain sebagainya. Bakwan lebih nikmat disajikan panas-panas, dicemil bersama cabe rawit atau sambal maupun disantap bersama nasi. Bakwan sederhana yang gurih kali ini dibuat menggunakan tepung terigu (segitiga biru), dicampur secukupnya tepung beras agar bakwan menjadi lebih renyah. Jika bala-bala umumnya memiliki bentuk yang acak atau berantakan, bakwan dan ote-ote biasanya berbentuk bulat atau terang bulan. Kita bisa menggunakan centong sayur untuk mencetaknya, namun jangan yang terlalu tebal agar nantinya mudah dilepaskan atau tidak lengket di cetakan. Semakin panas

Resep Pindang Tongkol Enak Variasi Masakan Ikan Sederhana Praktis

Gambar
Cara memasak pindang tongkol yang enak dengan resep bumbu sederhana agar bisa menambah variasi menu masakan sehari-hari sehingga selera makan meningkat. Tak hanya bumbu balado atau bumbu merah, kombinasi bumbu kemiri akan membuat resep pindang ikan tongkol yang mudah dan praktis ini menjadi lebih nikmat. Pindang tongkol kerap menjadi salah satu pilihan menu lauk pauk bagi banyak keluarga di Indonesia, layaknya ikan segar pindang tongkol juga sering dikreasikan menjadi berbagai olahan masakan nusantara yang favorit sebagai menu masakan rumahan sehari-hari. 250 gram pindang tongkol 1 batang daun bawang, potong-potong Garam, lada dan kaldu bubuk, masing-masing 1/4 sdt 100 ml air Minyak goreng secukupnya Haluskan : 5 buah cabe merah besar 7 butir bawang merah 2 siung bawang putih 1 buah tomat besar 4 butir kemiri [embed]https://www.youtube.com/watch?v=77POfjGJzMM[/embed] Cara memasak pindang tongkol : Supaya pindang tongkol menjadi lebih gurih, kita bisa menggorengnya dahulu hingga setenga

Resep Cilok Kuah Pedas Goang Raos Pisan Ngeunah Seuhah

Gambar
Resep cilok kuah berikut ini terdiri dari cara membuat pentol cilok kenyal yang empuk beserta resep kuah cilok yang enak dan pedas meskipun dari adonan dan bahan sederhana. Cilok goang merupakan cilok kuah jajanan khas tasik yang sangat populer dari daerah Tasikmalaya, Garut hingga Bandung. Kuah kaldu gurihnya berasal dari rebusan tulang ayam yang juga dapat dikombinasikan bersama ceker atau kaki ayam. Pedangang cilok kuah tentunya mempunyai rahasia masing-masing, baik takaran bahan bumbu pentol cilok maupun kuahnya untuk jualan. Beberapa diantaranya yaitu perbandingan tepung dan takaran bumbu, pemakaian minyak bawang, bahkan variasi sambal yang bisa kita simak dalam resep di bawah atau kita bisa saksikan secara lebih detil pada video ini. [embed]https://www.youtube.com/watch?v=JrL3HmRtwvE[/embed] Bahan Membuat Cilok : 250 gram tepung aci (tapioka/kanji) 125 gram tepung terigu segitiga biru 1 batang daun bawang, iris tpis 4 siung bawang putih dan 1 sdt merica butir (haluskan) 1 sdt gar

Resep Bakso Ayam Kenyal & Kuah Bakso Ayam Sedap Gurih

Gambar
Cara membuat bakso ayam rumahan sederhana dengan pentol yang kenyal elastis (tidak lembek), tanpa bahan pengenyal beserta resep kuah bakso ayam yang enak dan gurih. Adonan pentol bakso ayam yang padat dan halus bisa kita buat sendiri dirumah dengan cara yang mudah. Proses pembuatan bakso bisa menggunakan chopper, food processor atau cukup pakai blender saja. Bahan yang digunakan adalah daging ayam bagian dada, nah setelah daging difillet, tulangnya juga bisa kita manfaatkan untuk membuat kuah kaldu yang super enak dan gurih. Penerapan resep bisa lihat video di bawah ini : [embed]https://www.youtube.com/watch?v=vtID0sK7i38[/embed] Bahan Pentol Bakso Ayam : 500 gram daging ayam (bagian dada) 75 gram tepung tapioka/kanji 5 gram baking powder (kira-kira 1 sendok teh) 5 gram garam (kira-kira 1 sendok teh) 1/4 sdt lada/merica 3 siung bawang putih (potong-potong) 2 sendok makan bawang goreng 225 air es atau es batu Tambahkan penyedap secukupnya bila suka Cara Membuat Pentol Bakso Ayam : Masuk